Rabu, 12 Desember 2012

Kisah Wanita Tua Yang Mendapatkan Pelajaran Berharga

''Wanita Tua Yang Mendapatkan Pelajaran Berharga''



Nabi Muhammad Shallahu'alaihi wassalam merupakan seorang yang sangat baik hati dan tidak pernah marah kepada siapapun meskipun orang-orang berlaku buruk terhadapnya.

Pada suatu hari,terdapat seorang wanita tua yang sangat buruk perangainya.Ia selalu melemparkan sampah ke arah Nabi Muhammad Shallahu'al
aihi wassalam bilamana Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam lewat di hadapan rumahnya.

Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam biasa lewat di hadapan rumah nenek tua tersebut setiap pagi bilamana beliau bertolak menuju ke masjid dan setiap pagi wanita jahat ini biasa melemparkan sampah kearah Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam akan tetapi Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam tidak pernah marah kepadanya.

Tapi suatu hari,keadaan berubah.Kali ini Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam melewati rumah wanita tua tersebut,tidak ada lemparan sampah yang ditujukan kepada sang Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam.Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam merasa heran atas perubahan ini.

Dia berhenti diam bertanya perihal wanita tersebut kepada tetangganya apakah dia baik-baik saja karena dia tidak hadir untuk melemparkan sampah kepada Rasulullah Shallahu'alaihi wassalam.

Tetangga wanita tersebut berkata bahwa wanita tua tersebut jatuh sakit dan terbaring di pembaringan.

Tatkala wanita tua tersebut melihat Nabi Muhamamad Shallahu'alaihi wassalam,dia berpikir bahwa Nabi datang untuk menuntut balas atas perbuatanya.

Ia berkata "Mengapa Anda tidak menantikan aku hingga sembuh dan kuat?"

Nabi Muhamamad Shallahu'alaihi wassalam berkata bahwa wanita tua tersebut bahwa dia tidak datang untuk menuntut balas,tetapi untuk melihat keadaan wanita tersebut sekiranya ia memerlukan pertolongan karena ia sakit.Beliau berkata bahwa ALLAH memerintahkan kepada kita manusia untuk merawat orang-orang sakit.

Wanita tua tersebut sangat terkejut mendapatkan Nabi Muhamamd Shallahu'alaihi wassalam demikian baik terhadapnya setelah dia memperlakukan Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam secara buruk.wanita tua itu memutuskan untuk mendengarkan Rasulullah Shallahu 'alaihi wassalam dan menjadi seorang muslim.

SUMBER RUJUKAN : Majlisi,Biharul Anwar,bag.Kehidupan Nabi Muhammad Shallahu 'alaihi wassalam..

Pelajaran yang dapat kita petik dari kisah teladan Nabi Muhammad Shallahu'alaihi wassalam di atas adalah:

Berbuat baik kepada orang meskipun mereka jahat terhadap kita. Sehingga mereka menyesali atas perlakuan buruk mereka dan menjadi orang yang baik.

Datang dan jenguklah orang-orang sakit dan tanyakan kepada mereka sekiranya mereka memerlukan pertolonganmu.Jika kalian sakit,tidakkah kalian akan merasa senang jika teman-teman kalian datang menjegukmu?

Kegiatan...Suatu waktu seseorang yang kalian kenal jatuh sakit,mengapa kalian tidak pergi menjenguknya barangkali kalian dapat membawakan sedikit hadiah untuknya sehingga mereka merasa bahagia!

Salam Santun Salam Ukhuwah fillah Mahabbah..

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar